Instanusantara Semarang Photo Discuss #Sunset/Sunrise

Sudah lama sekali Instanusantara Semarang tidak mengadakan bedah foto, malam ini diskusi kembali diadakan.

Tema diskusi foto kali ini adalah Sunrise dan Sunset.  Mas Randry Tama sebagai pembedah foto pada diskusi kali ini.

Photo Discuss 7-1-16_6995

Berikut foto-foto yang dibedah :

Foto 1

S__11780110.jpg

Sunset dan siluet, teknik umum dan paling mudah dalam motret sunset/sunrise. Bbrp foto yg di dalem album ada yang menurutku berhasil, ada yg kurang.

Contoh foto diatas mnurutku kurang berhasil, karena bentuk yang ter”siluet” kurang terlihat jelas. Untuk siluet foto baik ketika sunset ataupun tidak, sudut pengambilan penting. Cenderungnya semakin rendah sudut pengambilan, bentuk objek siluet didepan kita akan semakin terlihat utuh.

Jadi kembali ke foto tadi, kurangnya :
Siluet tidak terlihat jelas
Exposure foto terlalu gelap

Solusi:
Coba lebih mendekat ke objek, sederhanakan komposisi/rekam salah satu aktifitas

Siluet foto ga selalu berhasil hanya dengan sudut rendah, dengan sudut apapun, asal objek yg mau di siluet sudah bs terlihat

Contoh :

Dan faktor lain yg membuat foto siluet berhasil, objek yang di siluet tidak menumpuk dengan objek lain dibelakangnya.

S__11780132.jpg

Menurutku dengan kondisi yg mirip dengan foto diatas, foto ini lebih berhasil dari sisi jelasnya bentuk yg disiluet.

Ada yang mau tanya ttg foto siluet?

T : Siluet tuh butuh bukaan lebar apa sempit supaya hasilnya lbh sempurna

J : Besarnya bukaan diafragma (f) ga berpengaruh banyak kesempurnaan hasil utk sebuah foto siluet

Metering sepertinya lebih penting utk menghasilkan foto siluet. Dan sisanya tentu komposisi dan momen

T : brrti itu yg terakhir udh mendingan y mas ran? hehe soalnya objek dibawah itu rame bgt

J : Iya menurutku itu cukup berhasil fotonya, komposisi sederhana dan exposure cukup pas

T: Mas tam, kalo foto siluet itu hasilnya perlu editing tambahan lagi gak ? Ato udah alamiah aja.

J: Itu selera Bib, klo dirasa cukup dgn hasil dari kamera ga salah kok

 

S__11780140

Siluet dari sisi teknik sangat mudah, yang kita fokuskan ke konsepnfotonya aja dengan singkatnya momet sunrise/sunset.

Foto2 diatas menurutku foto sunset dgn konsep sunset/sunrise yang berhasil.

Gpp ya agak panjang bahas ttg siluet. Krn menurutku ini jenis foto yang gampang dr sisi teknik, tp bukan bisa menjadi foto yang bagus, konsep dan latihan juga perlu dilkakukan

Sunset/sunrise itu momentnya singkat, teknik termudah tentu dengan teknik siluet

Jadi kita berlatih gmn mencari komposisi terbaik dari moment yg singkat.

S__11788300

Untuk komposisi, dari aku ngeliat kurang maksimal, dgn sudut pengambilan yg sama aku rasa bisa lebih asik fotonya, misal :

Di sisi kanan bawah, jika diisi dengan aktifitas orang/pengunjung yang sedang duduk akan terasa lebih asik fotonya. Dari exposure, aku pikir cukup terang dan seimbang. Klo liat dari lokasi foto dan moment sebagus itu, foto2 sunsetnya bisa lebih maksimal.  Dimulai dr komposisi sederhana dulu.

S__11788313

Misal dari kompo 􀄂􀉚up􏿿 dulu. Dengan kompo ini kita coba bbrp teknik, entah siluet, longexp, dll. Klo ada aktifitas diair bisa juga ditunggu.

Atau klo mau masukkan matahari dalam frame, bisa ditunggu ketikan membentuk bintang

Selain membantu menyeimbangkan exposure, juga menambahkan keindahan foto menurutku.

S__11788319

Contoh foto matahari berbentuk bintang yg asik dari mnurutku.

S__11788322

Ini juga asik mnurutku, kondisi langit yg flat dan ga terlalu menarik, ditutupi dengan menunggu matahari bentuk bintang.

S__11788324

Ini foto dari horizon miring ya. Nextime diperhatikan yaa.

S__11788327

Dari kompo dan exposure aku suka foto ini.

Sarannya mungkin dicoba dgn sudut, kompo, dan moment yg sama… Menunggu perahu terlihat lebih utuh.

 

Bbrp foto klo hanya diliat dr exposure foto nya aku rasa banyak yg udah berhasil, dalam arti foto cukup terang merata, dan natural. Jadi agak sulit mau dikomentari lebih, karena komposisinya aman, ini bbrp contoh fotonya :

Foto2 diatas aku rasa bagus dan berhasil, komposisi enak. Klo kita bandingkan dulu awal kita photo discuss dgn topik yg sama dengan hari ini, banyak perkembangan.

Banyak foto bluehour, bahas sekalian ya

S__11788343

Foto ini :
Exposure oke, komposisi… Unik sih, buat lokasi plaosan ini tampak beda… Asik

S__11788346

Foto ini :
Exposure pas, warna natural, cm kompo aku kurang sreg, posisi perahu rasanya nanggung. Tapi ga jelek sih komponya, amaan.

S__11788349

Foto ini :
Exposure juga oke, cm komposisi kurang maksimal menurutku, sisi kanan foto lebih baik dikurangi, dan lebih menghadap ke kiri dan bisa dapet curve lightrail sebagai foregroundnya

S__11788351

Foto ini :
Exposurenya asik, dgn teknik longexpo masih bisa dapet objek dibawah air… Ga tau ini pake cpl atau gnd tok. Tapi aku suka exposure e

Sedikit ttg filter cpl ya

Filter cpl satu2nya filter yang effectnya tidak bisa dilakukan di proses fotonediting digital.

Objek dibawah air tadi murni terlihat karena efek filter cpl, klo difoto tanpa cpl objek tersebut ga terlihat, dan diedit di komputer/hp ga bisa.

Dari exposure aman, moment dasyat… hanya komponya lemah. Biasanya terjadi krn :
-lokasi mmg tidak bagus
-terlalu takjun dgn momennya dan bingung mau diapain 󾌴

Sarannya klo pas dapet moment gt :
-tentu banyak mencoba beragam sudut dan teknik pengambilan
-lokasi yg dirasa jelek jadiin tantangan gmn caranya ketika difoto tampak bagus
-banyakin referensi juga ttg foto2 bluehour

2 foto ini aku rasa berhasil baik dr kompo asik dan exposure pas utk foto dari lokasi ini.

Dari aku sekian dulu ya diskusi fotonya

Mohon maaf banyak yg tidak ikut aku bedah langsung fotonya, tapi aku udah coba bahas berdasar moment, teknik, dan kompo

Semoga mewakilkan foto2 yg ga aku pilih utk aku bahas

Mohon maaf juga penyampaiannya kurang mengenakkan bahasanya

Tentunya semua yg aku bahas malem ini subjektif dr pengalaman aku di dunia foto

Semuanya kembali ke poro sedulur yang tadi menyimak

Semoga bermanfaat yaa

Maturnuwun sanget atas partissipasinya

 

T: Cara untuk mendapatkan matahari bentuk bintang gmn mas tam

J: Pake bukaan sempit. Diatas f/14 bisa mas

T: Tanya soal kompo ms tama, adakah tips atau aturan bagaimana sebuah foto memiliki nilai kompo yg berhasil?

J: Kompo klo tak nilai bisa macem2 tahapannya, mulai dr sederhana sampe kompleks alias multi layer

Ya semuanya punya point keberhasilan yg berbeda2 menurutku

Krn itu tadi aku bedah berdasar jenis komposisi dan teknik

Misal siluet yg berhasil gmn, atau sunset dipantai kompo yg gmn

Sakjane ga fair klo semua di gabungke di 1 kategori foto bagus saja

Iklan

Terima kasih telah berkunjung & silahkan tinggalkan jejak ya.... :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s